Cara merawat Busana Muslim berdasarkan Bahan

Tidak terasa bulan Ramadhan sebentar lagi, pastinya sebagai umat muslim akan menyambut bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Bulan ramadhan , akan diisi oleh umat muslim dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti pengajian, shalat taraweh, rajin membaca Al Quran, shadaqah dll. Setelah satu bulan kita berpuasa menahan hawa nafsu, lapar dan haus.. umat muslim akan merayakan kemenangan dengan idul fitri. Perayaan idul fitri, pasti lekat kaitannya dengan busana muslim.

Sebagai umat muslim tentunya tidak hanya ketika bulan ramadhan kita membeli dan memakainya. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan busana muslim untuk menutup aurat seperti baju koko, jilbab, kaos kaki, gamis, dan masih banyak lagi. Agar busana yang dipakai lebih awet, dan layak pakai dalam waktu yang lama, anda harus pandai dalam merawat busana muslim anda. Dalam merawat busana muslim berbeda-beda tergantung bahan pembuatannya seperti wool, katun, lycra, spadek, satin, sutra,parasut . Inilah beberapa tips dalam merawat busana muslim berdasarkan bahannya :

1. Bahan Satin

Busana muslim berbahan satin akan memberikan kesan mewah dan cantik. Dalam merawat busana muslim berbahan satin, anda tidak bisa sembarangan. Dalam mencuci baju berbahan satin, jangan disatukan dengan pakaian bahan lain karena menghindari baju sobek karena gesekan dengan baju berbahan yang lebih kasar. Selain itu, cucilah dengan tangan dengan lembut, jangan disikat dan jangan merendam lebih dari lima menit. Gunakan detergent cair dan mengandung pelembut. Jika terdapat noda, bersihkan noda dengan air hangat. Dalam mengeringkan busana muslim berbahan satin, cukup diangin-anginkan saja. Dalam menyetrika kain satin, gunakan panas dengan suhu sedang.

2. Bahan katun
Dalam mencuci bahan katun, sebaiknya menggunakan tangan. Mencuci dengan tangan akan memperpanjang umur busana muslim berbahan katun. Jika menggunakan mesin cuci, pisahkan kain katun yang ringan dan berat dan jangan lupa membalikan busana muslim anda ketika dicuci. Ketika menyetrika, gunakan temperature hangat. Selain merapihkan kain yang kusut, menyetrika menggunakan suhu hangat aman untuk kain.

3. Bahan Sutra
Bahan sutra merupakan kain yang tergolong mahal, anda harus lebih berhati-hati dalam merawatnya. Cucilah busana muslim berbahan sutra menggunakan tangan. Setelah mencuci gunakan pelembut agar kualitas kain tetap terjaga. Ketika menjemur busana muslim berbahan sutra cukup diangin-anginkan dan ketika menyetrika, setrika dengan suhu standar.

4. Bahan Wool
Merawat busana muslim dengan bahan wool terbilang susah susah gampang. Perhatikan ketika mencuci agar serat tidak keluar dan warna tidak pudar. Ketika mencuci, gunakan detergent yang lembut dan jangan disikat. Proses menyetrika juga harus diperhatikan, ketika menyetrika gunakan alas kain yang agak lembab agar busana muslim bahan wool yang anda miliki tidak mengkilap setelah disetrika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *